Text
Perbedaan daya terima konsumen pada pembuatan klappertaart antara yang menggunakan tepung beras merah (oryza nivara) dan tepung jagung (zea mays)
PERBEDAAN DAYA TERIMA KONSUMEN PADA PEMBUATAN
KLAPPERTAART ANTARA YANG MENGGUNAKAN TEPUNG BERAS
MERAH (Oryza Nivara) DAN TEPUNG JAGUNG (Zea Mays)
ASTRID ALHAKIM
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya terima konsumen terhadap
klappertaart dengan penggunaan 2 jenis tepung yaitu tepung beras merah dan
tepung jagung. Penelitian yang dilakukan di Laboratorium Roti & Kue Program
Studi Tata Boga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta dimulai pada bulan
Januari 2015 sampai Januari 2016 menggunakan metode eksperimen. Untuk
menilai daya terima konsumen dilakukan uji organoleptik terhadap aspek warna,
rasa, aroma dan tekstur kepada panelis agak terlatih, yaitu mahasiswa Pendidikan
Tata Boga Universitas Negeri Jakarta yang telah menempuh mata kuliah kue
tradisional berjumlah 30 orang. Hasil perhitungan data uji organoleptik
menunjukkan klappertaart yang paling disukai adalah klappertaart tepung jagung
dalam aspek warna, rasa, aroma, dan tekstur dengan nilai rata-rata secara
berurutan untuk aspek warna 4,5, rasa 4,6, aroma 4,46 dan tekstur 4,3 yang berada
pada rentang nilai suka dan sangat suka. Sedangkan untuk hasil uji U Mann
Whitney menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaaan daya terima konsumen
yang signifikan pada taraf signifikansi untuk aspek rasa, aroma dan
tekstur sedangkan pada aspek warna terdapat perbedaan yang signifikan karena
berasal dari salah satu bahan dasar yaitu tepung yang berbeda yaitu beras merah
dan jagung. Secara keseluruhan produk klappertaart tepung beras merah dan
tepung jagung dapat diterima dengan baik oleh konsumen.
Kata
kunci : Klappertaart, Penggunaan Tepung, Daya Terima Konsumen.
Bibliografi : lembar 82-83
SS00008621 | SK 8621 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2016.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain