Text
Perbedaan hasil belajar siswa berdasarkan gaya belajar visual, audio dan kinestetik dengan medel pembelajaran inkuiri di SMAN 58 Jakarta
ABSTRAK
INTAN ASTUTI. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Gaya
Belajar Visual, Audio, dan Kinestetik dengan Model Pembelajaran
Inkuiri Di SMAN 58 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan
Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas
Negeri Jakarta. 2015.
Gaya belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil
belajar pada siswa. Gaya belajar adalah cara yang lebih disukai dalam
berpikir, memproses, dan mengerti suatu informasi. Terdapat tiga gaya
belajar yaitu visual, audio, dan kinestetik. Tidak ada gaya belajar yang
lebih unggul dari gaya belajar yang lainnya pada tiga tipe gaya belajar
tersebut, semua gaya belajar sama uniknya. Kesulitan yang timbul selama
ini lebih disebabkan oleh model pembelajaran yang tidak sesuai dengan
gaya belajar siswa. Sehingga siswa akan menghadapi kesulitan dalam
belajar. Salah satu contoh model pembelajaran adalah model
pembelajaran Inkuiri. Model pembelajaran Inkuiri melibatkan secara
maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki
sesuatu secara sistematis, kritis, logis, dan analitis. Penelitian ini bertujuan
untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa pada materi Protista
berdasarkan gaya belajar visual, audio, dan kinestetik dengan model
pembelajaran Inkuiri di SMAN 58 Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMA
Negeri 58 Jakarta pada bulan November tahun 2015. Metode yang
digunakan adalah ex post facto. Sampel penelitian sebanyak 63 siswa.
Hasil uji prasyarat dengan Kolmogorov-Smirnov (α=0,05) dan Bartlett
(α=0,05) menunjukkan data normal dan homogen. Analisis uji ANAVA satu
arah pada hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor menunjukkan Sig >
0.05, ini menunjukkan tidak terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar
siswa pada materi Protista antara gaya belajar visual, audio, dan
kinestetik dengan model pembelajaran Inkuiri. Hasil dari penelitian ini
berimplikasi pada guru untuk menjadikan gaya belajar menjadi salah satu
pertimbangan dalam mempersiapkan kegiatan belajar bagi siswanya.
Sehingga guru dapat menentukan model pembelajaran yang tepat bagi
setiap gaya belajar yang dimiliki siswa di kelasnya.
Kata kunci: hasil belajar, protista, gaya belajar, model pembelajaran Inkuiri
Bibliografi : lembar 67-69
SS00009118 | SK 9118 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain