Text
Media box packer light untuk pembelajaran matematika materi bangun datar bagi anak reterdasi mental
MEDIA BOX PACKER LIGHT UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA
MATERI BANGUN DATAR BAGI ANAK RETARDASI MENTAL
(KARYA INOVATIF)
UKHTI HANIFAH
ABSTRAK
Karya Inovatif ini bertujuan untuk memperkenalkan media box packer light
untuk pembelajaran matematika materi bangun datar bagi anak retardasi
mental. Hasil karya inovatif menunjukkan media yang dihasilkan dalam karya
inovatif ini adalah Media Box Packer Light dimana media ini digunakan untuk
pembelajaran matematika materi bangun datar segitiga, lingkaran, persegi
panjang dan persegi empat. Pada pengembangan ini, media Box Packer
Light diuji kelayakkan kepada 2 orang ahli yaitu ahli media dan ahli materi.
Selanjutnya diujicobakan kepada anak retardasi mental di SDIT Inklusi Daar
El Salam, Bogor, hingga mendapatkan hasil bahwa media Box Packer Light
dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran matematika pada anak retardasi
mental dalam mempelajari materi bangun datar segitiga, lingkaran, persegi
panjang dan persegi empat. Karya Inovatif ini diujicobakan di SDIT Inklusi
Daar El Salam Bojong Kulur Bogor khususnya di kelas individual. Subjek
ujicoba berjumlah 3 orang siswa. Karya Inovatif ini menggunakkan model
Backer dan Schutz dengan metode Research and Development yang terdiri
dari 10 langkah yaitu, formulasi, spesifikasi pembelajaran, penyusunan
instrument ujicoba, rancangan awal produk, ujicoba produk, revisi produk,
membuat buku pedoman dan kemasan, ujicoba produk di lapangan, revisi
produk setelah ujicoba di lapangan, uji kelayakan produk.
Kata kunci : Media Box Packer Light, Retardasi mental, Pembelajaran
Bibliografi: lembar 111-114
SS00009295 | SK 9295 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain