Text
Kemampuan interpersonal anak usia 5-6 tahun dalam pembelajaran montessori di Kiddie Planet Presshool (Studi deskriptif di Kiddie a Montessori Plus Preschool Kelapa Gading)
KEMAMPUAN INTERPERSONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DALAM PEMBELAJARAN MONTESSORI DI KIDDIE PLANET PRESCHOOL
(Studi Deskriptif Kualitatif di Kiddie Planet, a Montessori Plus Preschool, Kelapa Gading)
(2015)
Priska Parsaulian
ABSTRAK
Penelitian studi deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan kemampuan interpersonal anak usia 5-6 tahun dalam pembelajaran Montessori di Kiddie Planet a Montessori plus preschool. Teknik pengambilan data menggunakan tringulasi teknik, yaitu observasi yang terdiri dari catatan lapangan, dan checklist. Metode yang digunakan untuk mendapatkan data adalah wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah analisis non statistik. Hal ini mengingat data yang diperoleh berdasarkan catatan lapangan dan dokumentasi tidak berkaitan dengan skor maupun skala. Namun data yang diperoleh dianalisis dan dideskripsikan dalam suatu penjelasan berbentuk narasi atau kalimat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Montessori tidak berperan maksimal dalam menstimulasi kemampuan interpersonal anak usia 5-6 tahun di Kiddie Planet a Montessori plus preschool. Hasil ini menunjukkan bahwa anak-anak usia 5-6 tahun yang ada di Kiddie Planet a Montessori plus preschool, kemampuan interpersonalnya tidak terstimulasi dengan maksimal. Sehingga anak cenderung egois, tidak mau kalah dan susah untuk berbagi.
Kata Kunci : Kemampuan Interpersonal, Metode Montessori
SS00009253 | SK 9253 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain