Text
Persepsi orangtua terhadap kesiapan sekolah (school readiness) anak usia 5-6 tahun : survei pada orangtua dari anak TkB di kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur
PERSEPSI ORANGTUA TERHADAP KESIAPAN SEKOLAH (SCHOOL READINESS) ANAK USIA 5-6 TAHUN
(Survei pada Orangtua dari Anak TK B di Kecamatan Pulogadung,
Jakarta Timur)
(2016)
Ika Subekti
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai persepsi orangtua terhadap school readiness anak usia 5-6 tahun di wilayah Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur. Penelitian dilaksanakan di wilayah Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur dengan metode survei. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik studi proporsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi orangtua terhadap school readiness anak usia 5-6 tahun berada pada kategori cukup baik dalam 5 aspek yang meliputi aspek kesehatan dan perkembangan fisik motorik, perkembangan sosial emosional, modalitas belajar anak, perkembangan bahasa dan komunikasi, serta perkembangan kognitif dan pengetahuan umum. Persepsi yang baik ditunjukkan pada aspek perkembangan sosial emosional sebesar 60%, sementara untuk aspek yang lain secara dominan berada pada kategori cukup baik. Persepsi yang berada pada kategori kurang dengan prosentase terbesar ialah pada aspek modalitas belajar anak yang mencapai 48% dan aspek perkembangan bahasa dan komunikasi yang mencapai 36%. Penelitian ini secara praktis menunjukkan bahwa orangtua berada pada level yang cukup baik dalam memahami, menginterpretasi dan melakukan tindakan berkaitan dengan school readiness anak usia 5-6 tahun.
Kata kunci: Persepsi, School Readiness, Orangtua.
Bibliografi : lembar 174-180
SS00009180 | SK 9180 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain