Text
Pengembangan media mohsar (meja operasi hitung dasar) untuk menstimulasi keterampilan berhitung materi perkalian dan pembagian bagi peserta didik autis ringan
Pengembangan Media MOHSAR (Meja Operasi Hitung Dasar) Untuk
Menstimulasi Keterampilan Berhitung Materi Perkalian dan Pembagian
Bagi Peserta didik Autis Ringan
Bella Apriza Purwita
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang dapat
mempermudah proses pembelajaran matematika bagi peserta didik autis khususnya
pada materi perkalian dengan jumlah hasil akhir 25 dan pembagian dengan jumlah
awal bagi 25. Tempat uji coba dalam penelitian ini yaitu kelas 7 SMP Sekolah
khusus Asy Syifa dan kelas X SMA Sekolah khusus Candradimuka. Metode yang
digunakan yaitu metode karya inovatif yang berlandaskan model Sugiyono, terdiri
dari tujuh tahap yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk,
validasi desai, revisi desain, uji coba produk dan revisi produk. Hasil uji coba
tersebut diperoleh rata – rata keseluruhan 3,33 didapat dari nilai evaluasi Ahli media
dengan nilai 3,2. Rata – rata keseluruhan Ahli materi di Sekolah Khusus Asy Syifa
dengan nilai 3,38. Rata – rata keseluruhan Ahli materi di Sekolah Khusus
Candradimuka dengan nilai 3,41. Media pembelajaran MOHSAR ini dievaluasi
kepada peserta didik autis kelas 7 SMP yang berjumlah 4 peserta didik dan peserta
didik autis kelas X SMA yang berjumlah 4 peserta didik. Hasil bahwa media
pembelajaran MOHSAR ini dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran matematika,
sehingga peserta didik autis mudah untuk mempelajarinya.
Kata Kunci :Media Pembelajaran, MOHSAR, Perkalian dan Pembagian, Autis
Bibliografi : lembar 85-86
SS00008956 | SK 8956 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain