Text
Upaya meningkatkkan kemampuan membaca permulaan menggunakan media audio visual interaktif (penelitian tindakan kelas pada siswa kelas 1 SDN Cipinang Muara 14 Pagi Jakarta Timur)
Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Audio Visual Interaktif pada Siswa Kelas I SDN Cipinang Muara 14 Pagi Jakarta Timur (2016) Aprilentina
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan media audio visual interaktif pada siswa kelas I di SDN Cipinang Muara 14 Pagi Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas I SDN Cipinang Muara 14 Pagi Jakarta Timur. Waktu penelitian dilakukan sejak bulan September sampai dengan bulan Oktober 2015 dengan jumlah seluruh siswa 32 siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian yang dilaksanakan dalam 2 siklus ini dilaksanakan melalui tahap pencatatan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan observasi. Hasil yang diperoleh pada setiap siklus adalah pada siklus I mencapai 88% atau 28 siswa yang mencapai nilai KKM. Siklus II meningkat menjadi 100% atau 32 siswa yang mencapai nilai KKM. Dengan demikian pembelajaran menggunakan media audio visual interaktif dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca permulaan. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran menggunakan media audio visual interaktif dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SDN Cipinang Muara 14 Pagi Jakarta Timur.
Kata Kunci: Kemampuan Membaca Permulaan, Media Audio Visual Interaktif Bibliografi : lembar 96-97
SS00008938 | SK 8938 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain