Text
Pengajaran kaligrafi di yayasan perguruan Islam El-Nur El-Kasysyaf Tambun Selatan Bekasi
NURFIAH ARIFIN .Pengajaran Kaligrafi di Yayasan Perguruan Islam Elnur El-kasysyaf Tambun Selatan Bekasi Skripsi. Jakarta: Jurusan pendidikan Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta, Januari 2016.
Penelitian ini pada dasarnya bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang pengajaran kaligrafi di Yayasan Perguruan Islam El-nur El-kasysyaf Tambun Selatan Bekasi.
Penelitian ini menggunakan metode deksriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara dan dokumentasu. Penelitian ini dilakukan di Yayasan Perguruan Islam El-nur El-kasysyaf dan dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2015-2016.
Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa Rancangan pengajaran kaligrafi di Yapink dimulai dari kelas satu tsanawiyah. Pada tingkat dasar ini seorang guru cukup memberi motivasi untuk meniru sebisanya. Langkah ini cukup menggunakan pensil.pelaksanaan pengajaran kaligrafi di dalam kelas selama dua jam seminggu sekali dan akan di lanjutkan pengajaran kaligrafi di sore hari sebagai kursus. Metode yang digunakan yaitu metode demonstrasi, dan media yang digunakan yaitu papan tulis, kapur dan buku kaligrafi. Evaluasi pengajaran kaligrafi setiap minggu, saat ujian tengah semester dan ujian akhir semester. Adapun faktor pendukung pengajaran ini guru harus kreatif dan selalu motivasi murid. Faktor penghambatnya adalah terbatasnya stok pena di toko, minat anak yang kurang dan malas dalam latihan. Kurikulum yang digunakan terbagi enam tingkatan yaitu tingkat pertama adalah untuk kemahiran khat naskhi, kedua untuk kemahiran khat riq’ah, ketiga untuk kemahiran khat diwani, keempat untuk kemahiran khat farisi, kelima untuk kemahiran khat tsulus dan keenam kemahiran untuk khat kufi dan tatawarna.
Implikasi penelitian ini dalam pengajaran kaligrafi adalah untuk meningkatkan efektifitas pengajaran kaligrafi di pondok “YAPINK” sehingga penelitian ini dapat menjadi rujukan dalam menerapkan contoh lain dalam pengajarannya.
ABSTRACT
Nurfiah Arifin. Teaching calligraphy at the Islamic College of el-nur elksysyaf Tambun Selatan, Bekasi. thesis. Jakarta: Department of education Arabic language and Arts Faculty of State University of Jakarta, January 2016.
This research essentially aims to obtain a clear description of the teaching of calligraphy in Islamic colleges Foundation el-nur el-kasysyaf tambun selatan, bekasi. This research uses qualitative, descriptive methods with techniques of data collection through the field observation, interview and documentation. This research was conducted at the College Foundation of islam el-nur el-kasysyaf and implemented on an odd semester academic year 2015-2016 The results of this research can be seen that the draft teaching calligraphy in YAPINK starting from first grade stanawiyah. at the primary level is a teacher to give enough motivation to emulate as much as possible. This step simply use a pencil. implementation calligraphy instruction in the classroom for two hours once a week and will continue teaching calligraphy in the afternoon as the course. the method used is the method of demonstration, and the media used are the blackboard, chalk and books calligraphy. evaluation of teaching calligraphy every week, when the midterm and final exams. As for the factors supporting this teaching gur must be creative and always motivate students. faktof inhibiting the limited stock of pens in the store, the child's interest is lacking and lazy in practice. curriculum used is divided into six levels, namely the first level is to finesse khat naskhi, both for proficiency riq'ah khat, khat proficiency diwani third, fourth for proficiency khat Pharisee, to five to finesse khat tsulus and the sixth for the acquisition of khat kufi and color management.
The implications of this research in the teaching of calligraphy is to improve the effectiveness of teaching calligraphy at the cottage "YAPINK" so that this research can be a reference in implementing other examples in his teaching
Bibliografi: lembar 59-60
SS00009245 | SK 9245 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain