Text
Pengembangan blended learning program studi diploma III keperawatan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Medistra Indonesia
PENGEMBANGAN BLENDED LEARNING UNTUK PROGRAM STUDI
DIPLOMA III KEPERAWATAN DI SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN
MEDISTRA BEKASI
(2016)
Muhamad Chandra Munandar
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk rancangan
pembelajaran blended learning yang lebih difokuskan kepada pembelajaran
online beserta kontennya. Selain itu, penilitan ini juga bertujuan untuk
mengujicobakan sistem blended learning yang sesuai dengan kebutuhan
pembelajaran terkait pemecahan masalah yang terjadi pada tenaga
keperawatan di Indonesia. Sesuai dengan tujuan penelitian, maka metode
penelitian ini dapat dikategorikan ke dalam penilitian dan pengembangan.
Penelitian pengembangan ini menggunakan kerangka model ADDIE
(Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan
modifikasi di beberapa tahap sesuai dengan kebutuhan. Model ADDIE yang
digunakan dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan penelitian pengembangan
ini. Penelitian pengembangan ini telah melalui evaluasi dilakukan oleh para
ahli (expert review) dan pengguna yang mengambil responden mahasiswa
reguler program studi Keperawatan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan
(STIKes) Medistra, Indonesia. Pada tahapan expert review, produk
pengembangan ini menghasilkan nilai 3,06 yang berarti dapat dikategorikan
baik. Pada ujicoba siswa (one to one) menghasilkan nilai 3,23 yang berarti
dapat dikategorikan baik. Pada tahap ujicoba kelompok kecil (small group)
menghasilkan nilai 3,3 yang dapat dikategorikan baik. Hasil penelitian
pengembangan ini menunjukan bahwa sistem blended learning ini sesuai
untuk mengatasi permasalahan yang terjadi dan sesuai dengan kebutuhan
belajar bagi peserta didik (dalam hal ini tenaga keperawatan yang sudah
bekerja).
Bibliografi hlm. : 148-151
SS00008999 | SK 8999 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain