Text
Meningkatkan keterampilan menyimak (listening skill) bahasa inggris menggunakan metode total physical response (TPR) siswa kelas IV SD : penelitian tindakan kelas di SDS laboratorium PGSD FIP Universitas Negeri Jakarta Setiabudi Jakarta Selatan
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK (LISTENING SKILL) BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) SISWA KELAS IV SD
(Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDS Laboratorium PGSD FIP UNJ Setiabudi Jakarta Selatan)
(2016)
Nurohmah
ABSTRAK
Nurohmah, Meningkatkan Listening Skills siswa melalui penggunaan metode total physical response dalam pembelajaran bahasa Inggris pada kelas IV SDS Laboratorium PGSD FIP UNJ Setiabudi Jakarta Selatan. Skripsi. Jakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 2016. Penelitian ini adalah untuk mendapatkan data mengenai penggunaan metode total physical response untuk listening skills siswa kelas IV. Di dalam proses pembelajran guru belum dapat menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi siswa karena cenderung menerapkan pembelajaran yang kurang kreatif sehingga pembelajaran berlangsung monoton dan membosankan.Guru dituntut untuk mengembangkan kegiatan pembelajaran, karena kegiatan belajar mengajar merupakan kegiatan pokok dalam menentukan peerkembangan serta kemampuan peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah ada peningkatan listening skills siswa dalam mata pelajaran bahasa Inggris. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode total physical response yang terdiri dari dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh data pada siklus I persentase peningkatan listening skills siswa sebesar 45.4%. adapun siklus II menunjukkan peningkatan listening skills sebesar 90.1%. berdasarkan data yang diperoleh dengan metode TPR dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa.
Kata Kunci: Keterampilan Menyimak pembelajaran bahasa Inggris, siswa kelas IV SD.
Bibliografi : lembar 100-101
SS00008982 | SK 8982 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain