Text
Meningkatkan motivasi belajar IPA tentang sifat bahan dan kegunaannya melalui model siklus belajar (learning cycle) pada siswa kelas IV : penelitian tindakan kelas di SDN Batu Ampar 01 Pagi Jakarta Timur
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA TENTANG SIFAT BAHAN
DAN KEGUNAANNYA MELALUI MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING
CYCLE) PADA SISWA KELAS IV
(Penelitian Tindakan Kelas di SDN Batu Ampar 01 Pagi Jakarta Timur)
(2016)
Aulia Chaerunnisa
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui
penerapan model siklus belajar (learning cycle) pada pelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Batu Ampar
01 Pagi Jakarta Timur dimulai pada bulan November sampai bulan Desember
2015, menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action
research) yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 kegiatan yaitu perencanaan,
tindakan, pengamatan, refleksi. Hasil penelitian menunjukkan persentase
perolehan data pada siklus I motivasi belajar siswa sebesar 60,71%. Siklus II
menunjukkan kenaikan yang signifikan sebesar 82,14%. Adapun data
pemantau tindakan pembelajaran dengan model siklus belajar pada siklus I
persentase sebesar 76% dan pada siklus II melebihi target yang ingin dicapai
yaitu 92%. Dengan demikian, tercapai sudah target yang diharapkan. Model
siklus belajar (learning cycle) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah hipotesis diterima dan implikasinya
adalah motivasi belajar siswa meningkat setelah menggunakan model siklus
belajar (learning cycle).
Kata kunci: Motivasi Belajar, IPA, Model Siklus Belajar
Bibliografi : lembar 103-105
SS00008986 | SK 8986 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain