Text
Upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write (TTW) di kelas X MIA 3 SMA Negeri 77 Jakarta
ABSTRAK
MOCHAMMAD REYHAN MAULUDDI. Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (TTW) di Kelas X MIA 3 SMA Negeri 77 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2015.
Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan hasil tes awal yang dilakukan di kelas X MIA 3 SMA Negeri 77 Jakarta, diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa masih perlu ditingkatkan. Dalam hal ini, model pembelajaran kooperatif tipe TTW (Think, Talk, Write) dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran matematika di kelas. Model pembelajaran TTW terdiri dari tiga tahap yaitu tahap think, talk, dan write dimana ketiga tahap tersebut dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran TTW sebagai upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 77 Jakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, analisis, dan refleksi. Setiap siklus pada pembelajaran matematika menerapkan model pembelajaran TTW. Siswa juga diberikan tes pada setiap akhir siklus untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini berlangsung pada bulan Mei 2015 di kelas X MIA 3 SMA Negeri 77 Jakarta tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah 34 orang siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TTW dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa pada setiap siklus. Rata-rata nilai kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 77 Jakarta pada siklus I adalah 66,4, pada siklus II meningkat menjadi 77, dan pada siklus III meningkat menjadi 85,8. Selanjutnya, jumlah siswa yang memperoleh nilai tes kemampuan komunikasi matematis dengan nilai mencapai KKM yaitu sama dengan atau lebih dari 75 juga mengalami peningkatan. Pada siklus I yaitu sebanyak 39,3%, pada siklus II meningkat menjadi 63,63%, dan pada siklus III meningkat menjadi 78,78%.
Kata kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran Think-Talk-Write
Bibliografi : lembar 126-128
SS00008686 | SK 8686 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain