Text
Hubungan motivasi dengan prestasi belajar mahasiswa jurusan Biologi FMIPA UNJ
ABSTRAK
MELVA SIJABAT. Hubungan Motivasi dengan Prestasi Belajar
Mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNJ. Skripsi. Jakarta: Program
Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Januari 2016.
Prestasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh faktor eksternal dan
internal. Salah satu faktor internal yang berpengaruh terhadap prestasi
belajar antara lain faktor psikologis seperti motivasi. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi dengan prestasi belajar
mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNJ pada semester ganjil tahun ajaran
2014/2015. Penelitian dilakukan metode kuantitatif dengan menggunakan
pendekatan deskriptif korelasional. Sampel penelitian ini adalah
mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA UNJ angkatan 2012
semester 5 sejumlah 75 mahasiswa, yang diambil cara cluster random
sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
instrumen motivasi, untuk memperoleh data prestasi belajar diambil dari
Pustikom UNJ. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, melalui model
regresi Ŷ=53,577+0,283X, diperoleh koefisien hubungan motivasi dengan
prestasi belajar adalah 0,222 dengan taraf signifikansi t hitung 0,056
dengan alpha 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa tidak terdapat
hubungan antara motivasi dengan prestasi belajar mahasiswa Jurusan
Biologi FMIPA UNJ. Kesimpulan menunjukkan hubungan positif yang
rendah antara motivasi dengan prestasi belajar mahasiswa di FMIPA UNJ.
Kata kunci : hubungan, motivasi dan prestasi belajar.
Bibliografi : lembar 40-41
SS00008770 | SK 8770 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain