Text
Pengembangan buku po-up sebagai stimulus kemampuan berbahasa anak usia 4-5 tahun
PENGEMBANGAN BUKU POP-UP SEBAGAI STIMULUS KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA 4 – 5 TAHUN
(2016)
Asri Puspita Sari
ABSTRAK
ASRI PUSPITA SARI. Pengembangan Buku Pop-up Sebagai Stimulus Kemampuan Berbahasa Anak Usia 4 – 5 Tahun. Skripsi. Jakarta: Program Studi Teknologi pendidikan, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan menggunakan model pengembangan Baker and Schultz. Pada model pengembangan Baker dan Schutz ini memiliki model pengembangan yang sistematis dengan memfokuskan untuk menghasilkan suatu produk yang bersifat menarik dan kreatif, serta menjadikan pembelajarannya lebih efektif dan efisien. Model pengembangan Baker and Schultz dilakukan melalui tahap formulation, instructional specifications, item tryout, product development, product tryout, product revision, and operations analysis.
Pada tahapan tersebut dijadikan pedoman untuk penelitian pengembangan untuk menghasilkan produk buku pop-up. Indikator yang diukur pada penelitian yaitu proses pembelajaran dengan menggunakan buku pop-up dan hasil belajar siswa. Pada pengembangan ini telah memenuhi kriteria setelah melewati tiga tahap ujicoba antara lain expert review, one to one, small group dan field test. Dari hasil uji coba tersebut diperoleh rata-rata keseluruhan evaluasi pada tahapan expert review adalah 2,9. Pada tahapan uji coba one to one memperoleh hasil nilai rata-ratanya adalah 3. Pada tahapan uji coba small group memperoleh hasil rata-ratanya adalah 3,2. Dan pada tahapan uji coba field test memperoleh peningkatan hasil sebesar 34.29.
Implikasi dari hasil penelitian pengembangan ini bagi guru dan siswa diharapkan dapat digunakan untuk menstimulasi kemampuan berbahasa anak dan dapat memanfaatkan buku pop-up sebagai media pembelajaran yang lebih komunikatif, menarik dan kreatif dalam menyampaikan materi dengan tema kebutuhanku. Selain itu kepada mahasiswa lain yang akan mengembangkan media pembelajaran, diharapkan dapat menjadi pertimbangan dalam melakukan penelitian yang lebih baik.
Kata Kunci : Buku Pop-up, Kemampuan Berbahasa Anak, Pengembangan
Biblbiografi : lembar 106-107
SS00009197 | SK 9197 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain