Text
Model media mind mapping dalam pembelajaran menulis : penelitian pengembangan di Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
SAFIRA NAFISAH, Model Media Mind Mapping Dalam Pembelajaran Menulis (Penelitian Pengembangan di Universitas Negeri Jakarta). Skripsi. Jakarta: Jurusan Bahasa dan Sastra Arab. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta, Januari 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan media baru dalam proses belajar mengajar Bahasa Arab. Dilatar belakangi dengan tantangan-tantangan yang dirasakan mahasiswa dalam membuat karya tulis seperti mengembangkan ide penulisan karena beberapa faktor. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran yang dapat mempermudah siswa dalam mengembangkan keterampilan menulis. Metode yang digunakan adalah metode pengembangan dengan tahapan analisis kebutuhan, pengembangan media, pengesahan para ahli media, observasi lapangan, revisi dan refleksi akhir. Dilaksanakan pada pertengahan Agustus 2015 sampai dengan Desember 2015 di Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Universitas Negeri Jakarta, pada mahasiswa tahun ketiga dengan total responden sebanyak 34 mahasiswa. Berdasarkan penilaian oleh pakar media dan pakar materi, media mind mapping layak untuk diterapkan dan digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis maupun pada pembelajaran tiga keterampilan lainnya ditunjukkan dengan hasil 80% yang menunjukkan bahwa hasil dari pengembangan ini adalah baik/sesuai. Setelah observasi dan penerapan pada kegiatan pembelajaran menulis pada mahasiswa tahun ketiga dan penererapannya dalam menulis dengan judul yang telah ditentukan, responden menyatakan bahwa media mind mapping merupakan media yang menarik dan menyenangkan dengan data 82,89% yang menandakan tingkat poin untuk hasil yang baik. Dengan data-data yang telah ada, dapat disimpulkan bahwa media mind mapping yang telah dikembangkan pada penelitian ini layak digunakan dalam pembelajaran menulis dengan presentase baik 81,45%.
ABSTRACT
SAFIRA NAFISAH, Model Media Mind Mapping in Learning Writing (Research Development at the State University of Jakarta). Essay. Jakarta: Department of Arabic Language and Literature. Faculty of Language and Art, State University of Jakarta, in January 2016. The purpose of this study was to provide new media in teaching and learning Arabic. The background of the perceived challenges students to write a paper such as developing the idea of writing due to several factors. This study aims to create a media that can facilitate students in developing writing skills. The method used is the method of development with the needs analysis stage, media development, validation media experts, field observation, revision and final reflections. Conducted in mid-August 2015 until December 2015 in the Department of Arabic Language and Literature, State University of Jakarta, the third-year student with the total respondents as many as 34 students. Based on the assessment by media experts and expert materials, media mind mapping feasible to be implemented and used in teaching writing skills as well as learning the three other skills demonstrated by the results of 80%, showing that the result of this development is good / appropriate. After the observation and implementation of the activities of learning to write in a third year student and penererapannya in writing with the title that has been determined, the respondents stated that the media mind mapping is an interesting and exciting media with a data rate of 82.89% indicating points for good results. With the data that already exists, it can be concluded that the media mind mapping that have been developed in this study fit for use in the teaching of writing with a good percentage of 81.45%
Bibliografi : lembar 84-87
SS00009334 | SK 9334 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain