Text
Hubungan antara supervisi dengan motivasi kerja guru SMK Negeri 14 di jakarta
ABSTRAK
ARIES ARIANTO. Hubungan Antara Supervisi dengan Motivasi Kerja pada
Guru SMK Negeri 14 di Jakarta. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan
Ekonomi, Konsentrasi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Ekonomi
dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. April 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara
supervisi dengan motivasi kerja pada guru SMK Negeri 14 di Jakarta. Penelitian
ini dilakukan selama tiga bulan terhitung mulai bulan Januari 2016 sampai
dengan bulan Maret 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh guru SMK Negeri 14 di Jakarta yang berjumlah 47 guru. Berdasarkan
tabel populasi dan sampel dengan taraf kesalah 5% maka diperoleh sampel
sebanyak 40 guru dengan menggunakan teknin acak sederhana. Data dari
variabel X tentang supervisi merupakan data sekunder berupa nilai supervisi dan
variabel Y tentang motivasi kerja merupakan data primer berbentuk kuesioner.
Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah dengan mencari persamaan
regresi yang didapat adalah Ŷ = 42,41 + 0,671X. Hasil uji normalitas liliefors
menghasilkan Lhitung = 0,134 dan Ltabel = 0,140 pada taraf signifikansi (a) = 0,05
untuk jumlah sampel (n) 40. Karena Lhitung= (0,134) < Ltabel = (0,140) maka
variabel X dan Y berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dengan uji
keberartian regresi menghasilkan Fhitung (29,76) > Ftabel (4,10), yang berarti
persamaan regresi tersebut signifikan. uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung
(1,86) < Ftabel (2,09) sehingga Fhitung< Ftabel maka dapat disimpulkan bahwa
model persamaan regresi adalah linier. Uji koefisien korelasi product moment
menghasilkan rhitung = 0,663. Uji-t menghasilkan thitung ( 5,45) > ttabel (1,68).
Dengan demikian dapat dinyatakan koefisien korelasi rxy = 0,663 adalah
signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 43,92% menunjukkan
bahwa 43,92% variasi motivasi kerja ditentukan oleh supervisi dan sisanya
56,08% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan
signifikan antara supervisi dengan motivasi kerja pada guru SMK Negeri 14 di
Jakarta.
Kata Kunci: Supervisi, Motivasi Kerja
Bibliografi: lembar 83-84
SS00009351 | SK 9351 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain