Text
Meningkatkan hasil belajar IPS tentang kegiatan jual beli melalui metode Cooperative Learning Tipe Word Square di kelas III SDN Marunda 03 Pagi Jakarta Utara
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Tentang Kegiatan Jual Beli Melalui Metode Cooperative Learning Tipe Word Square DiKelas III SD Kelurahan Marunda Jakarta Utara
(Penelitian Tindakan Kelas di SDN Marunda 03 PagI, Cilincing, Jakarta Utara)
Nasyith Dyah Anggraini
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis upaya meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Marunda 03 Pagi pada materi Kegiatan Jual Beli dengan menggunakan Metode Cooperative Learning Tipe Word Square. Penelitian dilaksanakan di SDN Marunda 03 Pagi yang berlokasi di jalan Marunda Baru I No.14 Jakarta Utara. Waktu penelitian dilaksanakan selama dua bulan dari bulan April sampai dengan Mei 2015 pada semester II tahun pelajaran 20014/2015. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukan data yang diperoleh dari proses pembelajaran menggunakan Metode Cooperative Learning Tipe Word Square memperoleh hasil belajar IPS yaitu pada ranah Kognitif memperoleh presentase sebesar 56,67% meningkat menjadi 100% disiklus II. Hasil belajar ranah Afektif mengalami kenaikan sebesar 62,08% menjadi 88,25% di siklus II. Hasil Psikomotor sejumlah 67,00% pada siklus I menjadi 78,64% di siklus II. Presentase aktivitas guru pada siklus I dan siklus II mencapai 63,75 menjadi 92,5%. Presentase Aktivitas Siswa kenaikan sejumlah 66,25% menjadi 96,25%. Implikasi dari penelitian ini adalah Metode Cooperative Learning Tipe Word Square dapat dijadikan sebagai salah satu cara metode pembelajaran untuk meningkatkan Hasil Belajar IPS pada siswa kelas III Sekolah Dasar.
Kata kunci: Metode Cooperative Learning Tipe Word Square, Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SD.
Bibliografi: lembar 106-108
SS00009384 | SK 9384 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain