Text
Peningkatan kreativitas melalui pendidikan kewirausahaan : penelitian tindakan pada anak kelompok B3 TK Negeri Pembina Kelurahan Larangan Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon Tahun Ajaran 2015/2016
PENINGKATAN KREATIVITAS MELALUI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN
(Penelitian Tindakan pada Anak Kelompok B3 TK Negeri Pembina Kelurahan Larangan Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon Tahun Ajaran 2015/2016)
ABSTRAK
Sarah Aulia Aziizah
7516140334
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan kreativitas melalui pendidikan kewirausahaan anak kelompok B3 TK Negeri Pembina Kota Cirebon Tahun Ajaran 2015/2016. Subjek penelitian berjumlah 20 orang anak. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan yang mengacu pada model penelitian tindakan kelas Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 8 tindakan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Analisis data kualitatif dengan cara menganalisis data dari hasil catatan lapangan dan wawancara selama penelitian dengan langkah-langkah reduksi data, display data, dan verifikasi data. Analisis data kuantitatif dengan mengolah data statistik deskriptif yaitu membandingkan hasil yang diperoleh dari pra siklus, siklus 1, dan sklus 2. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kreativitas anak melalui pendidikan kewirausahaan, dapat dibuktikan dengan rata-rata skor kreativitas pada pra siklus sebesar 34,3; kemudian mengalami peningkatan pada siklus 1 sebesar 44,5; dan siklus 2 sebesar 54,7.
Kata kunci: Kreativitas, Anak Usia Dini, Pendidikan Kewirausahaan
Bibliografi : lembar 194-196
TM00001616 | TM 1616 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain