Text
Peningkatan hasil belajar lari jarak pendek melalui pendekatan bermain pada siswa SD Negeri 1 Merapi Barat Kabupaten Lahat Sumatera Selatan : studi penelitian tindakan kelas (classroom action research)
PENINGKATAN HASIL
BELAJAR LARI JARAK PENDEK MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA SD NEGERI 1 MERAPI BARAT KABUPATEN LAHAT SUMATRA SELATAN Studi PenelitianTindakan Kelas (Classroom Action Research)
Hendi Armanwijaya
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh pendekatan pembelajaran terhadap hasil belajar siswa.Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan bermain.Penelitian ini dilaksanakan pada Maret sampai dengan April 2016 di SD Negeri 1 Merapi Barat pada siswa kelas 5 dengan menggunakan metode penelitian tindakan (action research). Adapun populasi sebanyak 3 kelas sebanyak 77 siswa, dan sampel penelitian berjumlah 35 siswa yang diambil secara acak. Adapun instrumen pada penelitian ini; (1) Pedoman Observasi Guru, (2) Pedoman Observasi Siswa, dan (3) Kriteria Penilaian Hasil Belajar Lari Jarak Pendek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Terjadi peningkatan hasil belajar lari jarak pendek yang signifikan sebesar 40%, yakni dari ketuntasan sebesar 54,29% menjadi 94,29%. Selain itu terjadi peningkatan pada proses pembelajaran, dari yang awalnya siswa kurang aktif menjadi aktif, dari yang awalnya sulit mengungkapkan pendapat menjadi mampu mengungkapkan pendapat, dari awalnya kurang bersemangat mengikuti pembelajaran menjadi semangat mengikuti pembelajaran.
Kata kunci: Hasil Belajar, Lari Jarak Pendek, Pendekatan Bermain
Bibliografi : lembar 123-125
TM00001628 | TM 1628 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain