Text
Peningkatan ketahanmalangan (adversity quotient) melalui kegiatan bermain outbound : penelitian tindakan di kelompok B TK Pertiwi III Jetis Sambirejo Sragen Tahun 2015/2016
PENINGKATAN KETAHANMALANGAN (ADVERSITY QUOTIENT) MELALUI KEGIATAN BERMAIN OUTBOUND
(Penelitian Tindakan di Kelompok B TK Pertiwi III Jetis, Sambirejo, Sragen, Tahun 2015/2016)
LINDA NUR HASANAH
lindanurhasanah90@yahoo.com
PAUD PPS Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran melalui kegiatan bermain outbound yang meningkatkan ketahanmalangan (adversity quotient) anak kelompok B TK Pertiwi III Sragen, Jetis, Sambirejo, Sragen Tahun 2015/2016. Subyek penelitian ini berjumlah 16 anak. metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan yan mengacu pada model Penelitian Tindakan Kelas Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 12 kali pertemuan. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif dengan cara menganalisis data dari hasil wawancara selama penelitian dengan langkah-langkah reduksi data, display data dan verifikasi data. Analisis data kuantitatif dengan statistik deskriptif yaitu membandingkan hasil yang diperoleh dari pra-intervensi, siklus pertama dan siklus kedua. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan ketahanmalangan (adversity quotient) anak melalui kegiatan bermain outbound, dapat dibuktikan rata-rata skor ketahanmalangan (adversity quotient) pra-intervensi sebesar 24,31, kemudian mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 32,94 dan siklus II sebesar 44,20.
Kata Kunci : ketahanmalangan (adversity quotient), outbound
Bibliografi : lembar 253-255
TM00001631 | TM 1631 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain