Text
Model pembelajaran lob bulutangkis Sekolah Menengah Pertama
MODEL PEMBELAJARAN LOB BULUTANGKIS
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
WIDATI AMALIN ULFAH
ABSTRAK
Pada penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu rancangan model pembelajaran lob sekolah menengah pertama untuk memperoleh data empiris tentang efektivitas hasil Model Pembelajaran Lob Sekolah Menengah Pertama.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan(Research and Development) dari Borg dan Gall yang terdiri dari sepuluh langkah. Subjek penelitiannya adalah siswa SMP Negeri 121 di Jakarta Utara. Hasil akhir penelitian ini berupa buku panduan model serta video model pembelajaran lob sekolah menengah pertama dengan jumlah model final 23 model yang telah melalui evaluasi ahli, ujicoba dan revisi, serta telah diuji keefektifitasannya. Efektivitas penerapan model pembelajaran lob sekolah menengah pertama menggunakan teknik "uji".t data pembelajaran pre-test dan post-test dengan taraf signifikansinya 0,05. Hasil pembelajaran lob antara pretest dengan posttest diperoleh hasil tO = 6,10 lebih besar dari harga tt = 0,00 (pada taraf signifikansi 0,05), maka hipotesis nihil ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan antara pte-test dan post test model pembelajaran lob, serta hasil rata-rata pre-test dengan mean = 38.8 lebih kecil daripada rata-rata post-test dengan mean = 44,1 dalam hitungan tersebut terjadi peningkatan sebanyak 5.3.
Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa, model pembelajaran lob sekolah menengah pertama efektif digunakan untuk meningkatkan hasil pembelajaran bulutangkis.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Lob
Bibliografi : lembar 153-156
TM00001660 | TM 1660 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain