Text
Hubungan antara dukungan sosial Orang Tua dengan prestasi belajar pada Siswa kelas XI Pemasaran di SMK Negeri 46 Jakarta
ABSTRAK
NITA NURSILVIYANI. Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas XI Pemasaran di SMK Negeri 46 Jakarta. Skripsi, Jakarta : Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data/fakta yang tepat (shahih, benar, valid) dan dapat dipercaya (reliable) tentang seberapa jauh hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan prestasi belajar pada siswa kelas XI Pemasaran di SMK Negeri 46 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama 5 bulan terhitung sejak bulan Januari 2016 sampai Mei 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei pendekatan korelasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Pemasaran di SMK Negeri 46 Jakarta yang berjumlah 58 orang siswa dengan menggunakan teknik acak sederhana.
Untuk menjaring data variabel X (dukungan sosial orang tua), digunakan instrumen berbentuk kuesioner, yang disebar kepada siswa kelas X Pemasaran di SMK Negeri 46 Jakarta, setelah itu dilakukan uji validitas isi melalui proses validasi yaitu perhitungan koefisien korelasi skor butir dengan skor total dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Sedangkan untuk variabel Y (prestasi belajar) menggunakan data sekunder berupa data dokumen nilai rapot siswa kelas XI Pemasaran di SMK Negeri 46 Jakarta. Hasil reliabilitas variabel X (dukungan sosial) sebesar 0.906.
Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah dengan mencari persamaan regresi yang di dapat adalah Ŷ = 61.30 + 0.248X. Selanjutnya adalah uji normalitas galat taksiran regresi atas X dengan menggunakan uji Liliefors dan diperoleh Lhitung = 0.100 dibandingkan dengan Ltabel pada taraf signifikansi 0.05 sebesar 0.116. maka Lo Ftabel (4.02), ini membuktikan bahwa regresi berarti. Uji koefisien korelasi product moment menghasilkan rxy sebesar 0.66. Kemudian dilanjutkan dengan uji signifikansi koefisien dengan menggunakan uji t. Hasil yang diperoleh adalah thitung (8.75), sedangkan ttabel pada dk = n – 2 = 58 – 2 = 56 dan taraf signifikansi 0.05 adalah 1.68, berarti thitung >ttabel. Perhitungan koefisien determinasi menghasilkan rxy2 = 0.662 = 0.43. Ini menunjukan bahwa 43% variasi prestasi belajar ditentukan oleh dukungan sosial orang tua. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan positif dan signifikan antara dukungan sosial orang tua dengan prestasi belajar pada siswa di SMK Negeri 46 Jakarta.
Kata Kunci: Dukungan Sosisal Orang Tua, Prestasi Belajar.
Bibliografi: lembar 64-66
SS00009442 | SK 9442 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain