Text
Perbandingan model discovery learning dengan model cooperative learning jenis think pair and share terhadap hasil belajar siswa kelas X TKJ pada mata pelajaran sistem komputer di SMK Taruna Bhakti Depok
PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING JENIS THINK PAIR AND SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TKJ PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER DI SMKN TARUNA BHAKTI DEPOK
MUHAMMAD ISWAHYUDI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran Discovery Learning dengan model pembelajaran Cooperative Learning jenis Think Pair and Share terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sistem Komputer. Penelitian dilakukan di SMK Taruna Bhakti Depok, dilaksanakan pada bulan Februari - Maret 2016. Mata pelajaran Sistem Komputer merupakan salah satu mata pelajaran yang menuntut siswa untuk dapat memahami konsep dasar sistem komputer. Dalam penerapannya untuk mendapatkan metode yang tepat agar tercapainya indikator ketuntasan minimal. Model Discovery Learning merupakan model pembelajaran yang menerapkan siswa lebih aktif dan guru hanya sebagai fasilitator. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, diberikan perlakuan terhadap kedua kelas dengan berbeda perlakuan. Masing – masing kelas terdiri dari 40 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Untuk kelas eksperimen diterapkan di kelas X TKJ 5 dan untuk kelas kontrol diterapkan di kelas X MM 1, untuk mendapatkan data penelitian ini menguji siswa dengan tes awal dan tes akhir untuk mengukur kemampuan kognitif dengan tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan siswa yang diterapkan Discovery Learning mendapatkan nilai rata-rata 84,38, sedangkan siswa yang diterapkan model Cooperative Learning jenis Think Pair and Share mendapatkan nilai rata-rata 77,31. Dengan demikian hipotesis ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar sistem komputer siswa yang signifikan antara yang diajarkan menggunakan model Discovery Learning dengan yang diajarkan menggunakan model Cooperative Learning jenis Think Pair and Share.
Kata Kunci : Model Discovery Learning, Model Cooperative Learning jenis Think Pair and Share, Hasil Belajar.
Bibliografi : lembar 69-70
SS00009431 | SK 9431 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2016.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain