Text
Pengaruh media komik marvel terhadap hasil belajar siswa dalam menggambar ilustrasi wajah di kelas XI IPS SMA Perguruan Rakyat 2 Jakarta
ABSTRAK
Muhammad Eka Fahreza. 2015. Pengaruh Media Komik Marvel Terhadap Hasil Belajar dalam Menggambar Wajah di Kelas XI IPS SMA Perguruan Rakyat 2 Jakarta Timur. Skripsi, Jurusan Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Pembimbing : Dra. Mudjiati, M.Pd.
Pendekatan pembelajaran merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran. Penerapan pendekatan pembelajaran yang tepat dan sesuai, sangat membantu keberhasilan siswa dalam belajar. Pembelajaran yang berkualitas juga ditentukan oleh media dan sumber pembelajaran yang menunjang khususnya dalam mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan. Menggambar ilustrasi wajah manusia. Alasan Menggambar wajah manusia, karena gambar merupakan alasan dari beberapa siswa tidak menyukai pelajaran seni. Beberapa siswa kesulitan dalam menggambar sehingga menghindari pembelajaran seni. Namun, menggambar figure atau tokoh tertentu menjadi hal yang banyak dilakukan diselasela waktu siswa. Dan wajah manusia menjadi dasar terpenting dalam pembuatan gambar figure atau tokoh. Materi Menggambar Ilustrasi adalah materi pembelajaran yang mampu mengembangkan berbagai kemampuan dasar yang dimiliki siswa seperti siswa mampu mengembangkan kemampuan imajinasi dalam berkarya, siswa mampu mengasah kreativitas dan keterampilan. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui apakah ada pengaruh media komik marvel terhadap hasil belajar dalam menggambar ilustrasi di kelas XI IPS SMA Perguruan Rakyat 2 Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan di SMA Perguruan Rakyat 2 Jakarta Timur Jakarta Timur. Subjek penelitian yaitu kelas XI IPS SMA Perguruan Rakyat 2yang berjumlah 25 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 23 siswa menurut tabel Issac dan Michael. Penelitian ini dilaksanakan pada semester 2 tahun ajaran 2014/2015. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design yaitu desain penelitan yang membandingkan hasil pretest Menggambar ilustrasi wajah manusia sebelum perlakuan dengan posttest Menggambar ilustrasi wajah manusia setelah mendapatkan perlakuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Media komik marvel sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar dalam Menggambar ilustrasi wajah manusia. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga macam, yaitu instrumen perlakuan, instrumen pengumpulan data, dan instrumen penilaian. Instrumen perlakuan berupa desain perlakuan, silabus, RPP, dan skenario pembelajaran pendekatan, komik marvel. Instrumen pengumpulan data yaitu berupa soal tes Menggambar ilustrasi wajah manusia dengan perlakuan Teknik mengarsir dan Membuat Proporsi, Instrumen penilaian diambil dari tabel spesifikasi modifikasi konsep Brent G.Wilson. Adapun aspek yang dinilai adalah aspek kreativitas dan aspek keterampilan. Hasil penilaian diperoleh dari tiga penilai dengan rambu-rambu penilaian yang sama.
Untuk menguji reabilitas digunakan rumus Product Moment Pearson. Berdasarkan perhitungan statistik (rxy) pada korelasi nilai rata-rata pada uji instrument dari dua penilai diperoleh indeks reliabilitas 0,87. Menurut tabel interpretasi r Guilford hasil tersebut (0,70 – 0,90) berada dalam kategori tinggi, maka diketahui bahwa instrumen tersebut reliabel. Hipotesis dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: µ X
SS00009310 | SK 9310 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain