Text
Hubungan efikasi diri terhadap pengaturan diri dalam belajar siswa kelas XI Akuntansi dan Administrasi perkantoran SMK Negeri 48 Jakarta
ABSTRAK
CHINTYA FEBIYANTI. Hubungan Efikasi Diri terhadap Pengaturan Diri dalam Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi dan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 48 Jakarta. Skripsi. Jakarta. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri terhadap pengaturan diri dalam belajar siswa kelas XI Akuntansi dan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 48 Jakarta Timur berdasarkan data dan fakta yang valid serta dapat dipercaya.
Penelitian dilakukan di SMK Negeri 48 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode survey. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi dan Administrasi Perkantoran yang berjumlah 142 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 100 siswa. Untuk menjaring data dari kedua variabel digunakan instrument penelitian berbentuk skala likert untuk efikasi diri (Variabel X) dan pengaturan diri dalam belajar (Variabel Y)
Persamaan regresi dalam penelitian ini adalah Ŷ = 40,31 + 0,72 X. Dari persamaan tersebut dilakukan uji persyaratan liliefors didapat Lhitung < Ltabel (0,0832 < 0,0886). Hal itu berarti data berdistribusi normal. Pada uji kelinieran regresi didapat Fhitung (0,82) < Ftabel (1,63) yang dapat disimpulkan bahwa model regresi berbentuk linier. Sedangkan untuk uji keberartian didapat Fhitung (110,66) > Ftabel (3,94) yang menandakan persamaan regresi berarti. Hasil uji koefisien korelasi dengan menggunakan product moment dari Pearson diperoleh nilai rxy 0,728. Hal ini berarti terdapat hubungan yang positif antara efikasi diri dengan pengaturan diri dalam belajar siswa kelas XI Akuntansi dan Adminitrasi Perkantoran SMK Negeri 48 Jakarta. Dari perhitungan Uji-t didapat thitung = 10,512 > ttabel = 1,98 yang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara variabel X yaitu efikasi diri dengan variabel Y yaitu pengaturan diri dalam belajar. dari hasil perhitungan diperoleh koefisien determinasi 53,03% sehingga dapat dikatakan bahwa variabel Y pengaturan diri dalam belajar ditentukan oleh variabel X efikasi diri sebesar 53,03%.
Kata kunci: Efikasi Diri, Pengaturan Diri dalam Belajar
Bibliografi: lembar 81-83
SS00009489 | SK 9489 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain