Text
Pengaruh kinerja mengajar Dosen terhadap kepuasan belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
DEVITA LISTYANINGRUM. PENGARUH KINERJA MENGAJAR DOSEN TERHADAP KEPUASAN BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Skripsi. Jakarta: Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kinerja mengajar dosen terhadap kepuasan belajar mahasiswa program studi mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan. Tempat penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan. Jurusan Teknik Sipil FT UNJ yang dilakukan pada bulan April-Mei 2016.
Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini 232 orang dengan sampel sebanyak 90 orang yang diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner untuk mengambil data tentang kinerja mengajar dosen dan kepuasan belajar mahasiswa PTB FT UNJ. Pengolahan data sudah valid dan reliabel. Nilai reliabilitas sangat tinggi dengan nilai r11 = 0,97 pada kuisioner kinerja mengajar dosen dan r11 = 0,91 pada kuisioner kepuasan belajar mahasiswa dengan butir pertanyaan 30 butir.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara kinerja mengajar dosen terhadap kepuasan belajar mahasiswa karena hasil t hitung sebesar 6,955 lebih besar dari t tabel yaitu 4,463 dan nilai siginifikasi adalah 0,00 yang berati nilainya kurang dari 0,05 maka dinyatakan variabel bebas berpengaruh terhadap variabel terikat yang artinya kinerja dosen mempengaruhi kepuasan belajar pada mahasiswa. Kinerja mengajar dosen bukan merupakan faktor mutlak yang mempengaruhi kepuasan belajar mahasiswa karena tingkat keberhasilan mahasiswa dilihat pula pada diri mahasiswa tersebut dalam menjalankan kewajiban sebagai mahasiswa.
Kata kunci : Kinerja, Kepuasan
Bibliografi: lembar 76-78
SS00009516 | SK 9516 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain