Text
Upaya meningkatkan keterampilan tendangan T atau samping dengan media alat bantu ban : pada siswa perguruan pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate Rayon SMKN 34 Jakarta
RINGKASAN
REFLY AKBAR YUANDHIKA. Upaya Meningkatkan Keterampilan Tendangan T
atau Samping Dengan Media alat bantu ban Pada Siswa Perguruan Pencak Silat
Persaudaraan Setia Hati Terate Rayon SMK Negeri 34 Jakarta : Program Studi
Konsentrasi Kepelatihan Olahraga, Jurusan Olahraga Prestasi, Fakultas Ilmu
Keolahragaan, Univesitas Negeri Jakarta, Mei 2016
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan tendangan atau
samping dengan media alat bantu ban pada Siswa Perguruan Pencak Silat
Persaudaraan Setia Hati Terate Rayon SMK Negeri 34 Jakarta. Penelitian ini dilakukan
pada Bulan April 2016 di Rayon latihan SMK N 34 Jakarta. Adapun yang menjadi
subyek penelitian ini adalah siswa atau atlit pencak silat Persaudaraan Setia Hati
Terate SMK Negeri 34 Jakarta.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif
dengan Classroom Action Research, yaitu dengan memberikan perlakuan khusus
kepada siswa untuk meningkatkan Keterampilan tendangan T atau Samping pada
Perguruan Pencak Silat. Indikator yang diukur pada penelitian ini adalah: gerakan
persiapan, gerakan pelaksanaan, gerakan lanjutan, dan gerakan akhir.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan yaitu: dengan penelitian
action research dan menggunakan metode bagian perbagian dalam melatihnya, dapat
meningkatkan keterampilan tendangan T pada Perguruan Pencak Silat Persaudaraan
Setia Hati Terate Rayon SMK Negeri 34 Jakarta. Dengan dua siklus penelitian tindakan.
Dari Tingkat keberhasilan siswa pada tes awal berjumlah 2 atau 10%, kemudian setalah
dilatih dengan metode bagian perbagian pada siklus I siswa yang berhasil berjumlah 13
atau 65%, dan karna tidak mencapai target dilanjutkan sampai pada siklus II yang mana
pada siklus II keberhasilan siswa mencapai 18 orang atau 90% tuntas.
Bibliografi : lembar 101-102
SS00009469 | SK 9469 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain