Text
Pengaruh model pembelajaran kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPA di kelas V SD : studi eksperimen pada siswa kelas V SD di Kelurahan Menteng Jakarta Pusat
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA
DI KELAS V SD
(Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN
Di Kelurahan Menteng, Jakarta Pusat)
USWATUN HASANAH
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Menteng 02, Jakarta Pusat pada kelas V tahun pelajaran 2015/2016 dengan menggunakan teknik simple random sampling yang telah dilakukan kepada 60 siswa. Pengambilan data diperoleh melalui tes dan dianalisis menggunakan analisis varian (ANAVA) dua jalan dengan metode eksperimen dan desain treatment by level 2x2. Berdasarkan hasil dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa (1) hasil belajar IPA antara siswa yang diajarkan menggunakan model inquiry training lebih tinggi dari siswa yang diajarkan menggunakan model group investigation, (2) terdapat pengaruh interaksi antara penerapan model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPA siswa, (3) hasil belajar IPA antara siswa yang diajarkan menggunakan model inquiry training lebih tinggi dari siswa yang diajarkan menggunakan model group investigation pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi, dan (4) hasil belajar IPA antara siswa yang diajarkan menggunakan model inquiry training lebih rendah dari siswa yang diajarkan menggunakan model group investigation pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model inquiry training dengan kemampuan berpikir kritis mampu meningkatkan hasil belajar IPA siswa.
Kata kunci : inquiry training, group investigation, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar IPA.
Bibliografi : lembar 159-163
TM00001722 | TM 1722 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain