Text
Pengaruh kualitas layanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa pendidikan ekonomi 2013 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
ERVINA DAMAYANTI. Pengaruh Kualitas Layanan Akademik Terhadap
Kepuasan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi 2013 Fakultas Ekonomi Universitas
Negeri Jakarta. Skripsi. Jakarta. Program Studi Pendidikan Ekonomi,
Konsentrasi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta,
2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan akademik
terhadap kepuasan mahasiswa Pendidikan Ekonomi 2013 Fakultas Ekonomi
Universitas Negeri Jakarta berdasarkan data dan fakta yang valid serta dapat
dipercaya. Penelitian dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.
Metode yang digunakan adalah metode survey. Pengumpulan data menggunakan
teknik pengamatan dan kuesioner. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah
mahasiswa/i Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan 2013 yang berjumlah
218 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random
sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 135 mahasiswa. Teknik analisis
data yang digunakan adalah persamaan regresi, uji persyaratan analisis, uji
hipotesis, uji keberartian dan uji koefisien determinasi. Persamaan regresi dalam
penelitian ini adalah Ŷ = 29,98 + 0,63 X. Dari persamaan tersebut dilakukan uji
persyaratan liliefors didapat Lhitung < Ltabel (0,06061 < 0,07625). Hal itu berarti
data berdistribusi normal. Pada uji kelinieran regresi didapat Fhitung (0,33) < Ftabel
(1,51) yang dapat disimpulkan bahwa model regresi berbentuk linier. Sedangkan
untuk uji keberartian didapat Fhitung (102,23) > Ftabel (3,91) yang menandakan
persamaan regresi berarti. Hasil uji koefisien korelasi dengan menggunakan
product moment dari Pearson diperoleh nilai rxy 0,659. Hal ini berarti terdapat
hubungan yang positif antara kualitas layanan akademik dengan kepuasan
mahasiswa Pendidikan Ekonomi 2013 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri
Jakarta. Dari perhitungan Uji-t didapat thitung = 10,11 > ttabel = 1,97 yang
menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara variabel X yaitu kualitas
layanan akademik dengan variabel Y yaitu kepuasan mahasiswa. Dari hasil
perhitungan diperoleh koefisien determinasi 43,46% sehingga dapat dikatakan
bahwa variabel Y kepuasan mahasiswa ditentukan oleh variabel X kualitas
layanan akademik sebesar 43,46%. Untuk meningkatkan kualitas layanan
akademik diharapkan staf layanan akademik Fakultas Ekonomi Universitas
Negeri Jakarta lebih cepat dan tanggap dalam memberikan pelayanan akademik
kepada mahasiswa.
Kata kunci: Kualitas Layanan Akademik, Kepuasan Mahasiswa
Bibliografi : lembar107-109
SS00009686 | SK 9686 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain