Text
Aktivitas komunitas sekolah kami (KSK) dalam membangun motivasi belajar pemulung anak : studi di pemukiman pemulung Bintara Jaya Kota Bekasi
ABSTRAK
HILDA DIANA, Aktivitas Komunitas Sekolah Kami dalam Membangun Motivasi
Belajar Pemulung Anak (Studi di Pemukiman Pemulug Bintara Jaya, Kota Bekasi).
Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN).
Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara deskriptif mengenai aktivitas
yang dilakukan Komunitas Sekolah Kami dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang
ditujukan untuk membangun motivasi belajar pemulung anak serta dampak dari
kegiatan tersebut terhadap motivasi belajar pemulung anak.
Sumber data dalam penelitian ini adalah pemulung anak yang menjadi siswa
pada Kelompok Belajar Sekolah Kami (KBSK) beserta orang tuanya sebanyak tujuh
orang. Serta mewawancarai lima orang Key Informan, yaitu satu orang pendiri
komunitas, tiga orang anggota komunitas, dan satu orang Ketua Rukun Tetangga
(RT). Kemudian satu orang Expert Opinion, yaitu Hartini Nara, M.Si. Pendekatan
yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi partisipan, wawancara
mendalam, dan dokumentasi.
Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu aktivitas yang dilakukan Komunitas
Sekolah Kami dalam bentuk berbagai kegiatan baik pendidikan maupun sosial dapat
membangun motivasi belajar pemulung anak.
Kata Kunci (Aktivitas Komunitas Sekolah Kami, Motivasi Belajar, Pemulung Anak)
Bibliografi : lembar 106-107
SS00009537 | SK 9537 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain