Text
Hubungan Pemanfaatan media online sebagai sarana kampanye dengan partisipasi politik : studi korelasi di kelurahan Pancoran Mas Depok Jawa Barat
ABSTRAK
Intan Sholihah. Hubungan Pemanfaatan Media Online Sebagai Sarana Kampanye Dengan Partisipasi Politik (Studi Kasus Kelurahan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Jakarta. 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang Pemanfaatan Media Online Sebagai Sarana Kampanye Dengan Partisipasi Politik. Pada penelitian ini, lokasi penelitian berada di Kelurahan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat, yang dimulai pada Bulan Maret sampai dengan Bulan Mei 2016.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Metode Korelasional dengan Pendekatan Kuantitatif. Untuk teknik pengambilan sampel digunakan teknik cluster random sampling dengan jumlah responden sebanyak 60 orang. Teknik cluster random sampling dipilih karena, cukup luasnya wilayah di Kelurahan Pancoran Mas. Sehingga pengambilan sampel dilakukan secara kelompok dengan dipilihnya 10 Rukun Warga dengan masing-masing Rukun Warga diambil sampel sebanyak 6 orang.
Uji coba instrument menggunakan uji validitas dengan rumus r product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Dalam perhitungan uji normalitas, untuk masing-masing variabel didapatkan hasil 0,099 untuk variabel X dan 0,062 untuk variabel Y dengan L tabel yaitu 0,114, syarat suatu variabel dikatakan normal yaitu apabila L hitung < L tabel. Dari hasil tersebut dapat terlihat bahwa variabel X dan variabel Y berdistribusi normal. Dalam hasil perhitungan Uji Liliefors dapat menyimpulkan galat taksiran regresi X atau Y signifikan, dikarenakan F hitung > F tabel yaitu 26,46 > 4,01 dan persamaan regresinya yaitu Y= 13,76 + 0,056X.
Sedangkan Uji kelinieran regresi menghasilkan F hitung < F tabel (1,40 r tabel (0,560 > 0,254). Sedangkan uji keberartian korelasi yang dilakukan dengan uji-t menghasilkan t hitung > t tabel, yaitu 5,14 > 0,200. Uji determinasi menghasilkan rxy2 sebesar 0,3133 atau 31,33%, ini menunjukkan bahwa variasi variabel Y ditentukan oleh variabel X.
Kata Kunci : Media Online, Partisipasi Politik, Kampanye.
Bibliografi : lembar 84
SS00009538 | SK 9538 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain