Text
Meningkatkan hasil belajar lempar lembing melalui pendekatan bermain : penelitian tindakan kelas VIII di SMP Negeri 1 Pulau Rimau
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR LEMBING MELALUI PENDEKATAN BERMAIN
Penelitian Tindakan pada siswa kelas VIII SMPN 1 Pulau Rimau
ANGGAKUSUMAH FITRIANSYAH
anggakf@gmail.com
ABSTRAK
Kemampuan lempar siswa dari cara memegang Lembing, teknik awalan melempar Lembing, teknik melempar Lembing, dan gerakan pemulihan setelah melempar Lembing masih kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran lempar lembing dengan metode pendekatan bermain pada siswa kelas VIII SMPN 1 Pulau Rimau. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Action research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.D di SMPN 1 Pulau Rimau yang berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes unjuk kerja lempar lembing. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan bentuk persentase.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil lempar lembing melalui metode pendekatan bermain ditandai pula dengan peningkatan nilai rata-rata siswa. Nilai rata-rata siswa pada kondisi awal sebesar 64,49 dengan persentase ketuntasan sebesar 31,25%. Kondisi tersebut mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu sebesar 79,08 dan persentase ketuntasan sebesar 71,88%. Namun, peningkatan tersebut masih belum mencapai target yang ditetapkan sebelumnya. Kemudian setelah melanjutkan ke siklus II nilai rata-rata kemampuan lempar lembing siswa kembali mengalami peningkatan sebesar 85,97 dengan persentase ketuntasan sebesar 87,50%. Hal tersebut menunjukkan bahwa target yang telah ditetapkan sebelumnya sudah tercapai sehingga penelitian dihentikan pada siklus II. Proses pembelajaran lempar lembing berlangsung dinamis dan menyenangkan, Peserta didik aktif melaksanakan tugas dan mengamati gerakan teknik lempar lembing dan saling diskusi dengan teman. Kemampuan lempar lembing peserta didik meningkat dengan ditandai dengan peserta didik tuntas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 80.
Kata Kunci: penelitian tindakan, pe
Bibliografi : lembar 94-95
TM00001768 | TM 1768 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain