Text
Kontribusi pelaksanaan praktek kerja industri terhadap persepsi kesiapan kerja siswa kelas XII teknik sepeda motor SMK Negeri 1 Setu Bekasi
ABSTRAK
Iwan Setiawan. Kontribusi Pelaksanaan Praktek Kerja Industri Terhadap Persepsi Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 1 Setu Bekasi. Skripsi. Jakarta. Program Studi S-1 Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi pelaksanaan Praktek Kerja Industri terhadap persepsi kesiapan kerja siswa kelas XII Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 1 Setu Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ex-post facto dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XII Teknik Sepeda Motor di SMK Negeri 1 Setu Bekasi. Populasi berjumlah 57 siswa (dari 2 kelas Jurusan Teknik Sepeda Motor di SMK Negeri 1 Setu Bekasi). Karena jumlah responden di bawah 100 orang, maka seluruh responden dilibatkan dalam proses pengambilan data untuk penelitian ini. Proses pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Sebelum digunakan untuk mengambil data yang sesungguhnya, kuesioner diujicobakan pada 30 orang siswa kelas XI Teknik Sepeda Motor di SMK Negeri 1 Setu Bekasi. Uji validitas menggunakan teknik korelasi Product Moment milik Karl Pearson dan uji reliabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana, uji koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan uji t.
Teknik analisis data dimulai dengan melakukan uji normalitas menggunakan Chi Kuadrat dengan hasil χ²hitung = 5,52 < χ²tabel = 11,070 untuk variabel Praktek Kerja Industri dan χ²hitung = 10,06 < χ²tabel = 11,070 untuk variabel Persepsi Kesiapan Kerja yang artinya kedua data tersebut berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Ada kontribusi yang positif dan signifikan dari pelaksanaan Praktek Kerja Industri terhadap persepsi kesiapan kerja siswa kelas XII Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 1 Setu Bekasi yang ditunjukkan dengan nilai t sebesar 5,284 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,580. Pelaksanaan Praktek Kerja Industri berkontribusi sebesar 33,7% terhadap persepsi kesiapan kerja siswa kelas XII Teknik Sepeda Motor di SMK Negeri 1 Setu Bekasi, sedangkan 66,3 % sisanya dipengaruhi oleh variabel yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Kata Kunci : kontribusi, praktek kerja industri, persepsi kesiapan kerja.
Bibliografi : lembar 74-76
SS00009830 | SK 9830 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain