Text
Peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok melalui model pembelajaran teams games tournament : action research pada siswi SMK Negeri 3 kabupaten Kuningan
PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA
JONGKOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN
TEAMS GAMES TOURNAMENT
(Action Reaserch pada Siswa SMK Negeri 2 Kabupaten Kuningan)
ICHSAN NUR FALACH
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran teams games tournament dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok. Manfaat penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran pada pendidik tentang penerapan model pembelajaran teams games tournament yang disesuaikan dengan proses pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan, dengan pelaksanaan dua siklus, setiap siklusdimulai dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 2 Kabupaten Kuningan yang berjumlah sebanyak 38 orang. Data yang di kumpilkan berasal dari hasil tes belajar dan observasi. Hasil dari data yang dikumpulkan dalam penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada materi lompat jauh. Terbukti dari tes awal didapatkan hanya 9 atau (23,7%) orang siswa yang tuntas, dengan rata-rata nilai 62,3. Sedangkan pada siklus I terjadi peningkatan, yakni 20atau (52,63%) orang siswa tuntas, dengan rata-rata nilai 74,01. Kemudian dilanjutkan pada siklus II yang menunjukan hasil 34 atau (89,47%) siswa tuntas belajar lompat jauh. Selain hasil belajar, dengan penerapan model pembelajaran teams games tournament, dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar.
Dengan demikian, dapat disimpilkan bahwa penerapan model pembelajaran teams games tournament, dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi lompat jauh gaya jongkok. Dan sebagai tidak lanjutnya, diharapkan model pembelajaran ini dapat di terapkan oleh guru pendidikan jasmani de setiap sekolah untuk meningkatkan kualitas dan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok, Melalui Model Teams Games Tournament
Bibliografi : lembar 145-146
TM00001814 | TM 1814 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain