Text
Evaluasi program pendidikan kesetaraan paket C di sanggar kegiatan belajar (SKB) Kota Metro Lampung : penerapan model CIPP
EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C
DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB)
KOTA METRO LAMPUNG
ROHANIYA SMK Muhammadiyah 1 Metro Lampung
rrohaniya@gmail.com
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan program pendidikan kesetaraan paket C pada Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Metro Lampung. Pendekatan evaluasi program menggunakan model CIPP yang dikembangkan oleh Stufflebeam. Efektifitas pelaksanaan program meliputi aspek Context komponen landasan kebijakan, tujuan, lokasi, aspek Input komponen penyelenggara program, warga belajar, tutor, struktur kurikulum, sarana dan prasarana, pembiayaan, aspek Process komponen perencanaan program, pelaksanaan program, evaluasi program,aspek Product hasil belajar dan lulusan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner.
Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pada komponen landasan kebijakan hanya memenuhi kriteria “cukup efektiv” , pada komponen tujuan dan lokasi penyelenggaraan memenuhi kriteria “efektiv”, pada komponen lembaga penyelenggara mencapai kriteria “sangat efektiv”, komponen warga belajar “kurang efektif”, tutor “cukup efektiv”, sarana dan prasarana “efektiv”, struktur kurikulum “efektif”, pembiayaan “efektif sekali”, perencanaan program “ efektiv”, pelaksanaan program “sangat efektiv”, evaluasi program “cukup efektiv” dan hasil belajar “efektiv”, sementara lulusan telah terserap dalam dunia kerja.
Perlu adanya peningkatan kreativitas tutor dalam mengembangkan model pembelajaran yang inovatif, peningkatan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana terutama meja dan kursi untuk belajar, penempatan warga belajar pada rombongan belajar yang efektif, mengadministrasikan setiap kegiatan, mengadakan evaluasi kurikulum,mengadakan evaluasi program dan mendata keterserapan alumni.
Kata kunci : Evaluasi program, Pendidikan kesetaraan, Paket C , CIPP
Bibliografi : lembar 164-166
TM00001733 | TM 1733 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain