Text
Meningkatkan kreativitas gerak dalam pembelajaran pendidikan jasmani melalui permainan kecil pada siswa kelas V : penelitian tindakan di SDN Jayaakti 05 Muaragembong Bekasi
ABSTRAK
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendapatkan data mengenai penerapan Permainan Kecil untuk meningkatkan kreativitas gerak siswa di kelas V.
Banyak ditemukan dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar guru belum dapat membawa isu/masalah yang ditemukan di dalam kelas untuk dipelajari siswa di luar kelas pada pembelajaran Penjas. Guru belum berupaya maksimal untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas pembelajaran di sekolah untuk memperoleh pembelajaran yang lebih bermakna.
Guru dituntut untuk mengembangkan kegiatan pembelajaran dengan memilih pendekatan yang dituangkan dalam berbagai model dan metode pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa apakah ada Peningkatan kreativitas gerak siswa melalui permainan kecil
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jayasakti 05 Kabupaten Bekasi, khususnya kelas V. Penelitian dilakukan dengan Metode melalui permainan kecil yang terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh data pada siklus I Hasil Belajar Penjas nilai sebesar 6.07% dengan rata-rata 67%. Sedangkan siklus II menunjukkan kenaikan yang signifikan yaitu sebesar 7.4% dengan rata-rata 82.22%.Adapun untuk lembar pemantau tindakan pembelajaran dengan menggunakan metode permainan kecil pada siklus I mencapai 60% dan pada siklus II mencapai peningkatan hingga 85%.
Dari data yang diperoleh, menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode melalui permainan kecil pada pembelajaran penjas dapat meningkatkan kreativitas gerak
Implikasi Hasil Penelitian ini adalah bahwa Pembelajaran Penjas dengan menggunakan Permainan Kecil dapat dijadikan metode pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas gerak di SDN Jayasakti 05 Kabupaten Bekasi.
Kata Kuci: Kreativitas Gerak Siswa, Permainan Kecil Penelitian Tindakan
Bibliografi : lembar 96-98
TM00001840 | TM 1840 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain