Text
Hubungan antara kualitas pelayanan dan citra perusahaan dengan kepuasan nasabah PT.Bank Central Asia Tbk. cabang Rawamangun pada warga RW 07 Kelurahan Pisangan Timur Kecamatan Pulogadung Jakarta Timur
ABSTRAK
DEBY SAFITRI YANTI. Hubungan antara Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan dengan Kepuasan Nasabah Bank BCA pada Warga RW 07, Kelurahan Pisangan Timur, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur : Program studi Pendidikan Tata Niaga. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Jakarta. 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan yang tepat untuk memperoleh data empiris dan fakta-fakta yang tepat, sahih, valid, serta dapat dipercaya dan diandalkan tentang hubungan antara desain kualitas pelayanan dengan kepuasan nasabah, citra perusahaan dengan kepuasan nasabah, dan kualitas pelayanan dan Citra Perusahaan dengan kepuasan nasabah PT. Bank Central Asia Kantor Cabang Rawamangun pada Warga RW 07 Kelurahan Pisangan Timur, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional. Jenis penelitian yaitu menggunakan penelitian deskriptif. Tempat penelitian dilakukan di RW 07 Kelurahan Pisangan Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah Warga RW 07 Kelurahan Pisangan Timur yang menggunakan Tabungan BCA sebanyak 138 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini merupakan Warga RW 07 Kelurahan Pisangan Timur yang pua terhadap PT. Bank Central Asia Tbk. Cabang Rawamangun sebanyak 95 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner. Sedangkan teknik analisis penelitian ini menggunakan program SPSS versi 22. Hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang positif antara kualitas pelayanan dengan kepuasan nasabah, hipotesis ini dibuktikan dengan nilai r = 0.612 dan nilai thitung (6.613) > ttabel (1.99). (2) Terdapat hubungan yang positif antara citra perusahaan dengan kepuasan nasabah, hipotesis ini dibuktikan dengan nilai r = 0.344 dan nilai thitung (2.094) > ttabel (1.99). (3) Terdapat hubungan yang positif antara kualitas pelayanan, citra perusahaan dengan kepuasan nasabah, hipotesis ini dibuktikan dengan nilai korelasi ganda sebesar dan nilai yang diperoleh Fhitung > Ftabel atau 30.988 > 3.10. Persamaan regresi berganda yang diperoleh adalah Ŷ = 0.632 + 0.601 (X1) + 0.212 (X2). Hubungan antara kualitas pelayanan dan citra perusahaan dengan kepuasan nasabah diperoleh dari hasil determinasi (R2) sebesar 0.403. Jadi kemampuan dari variabel kualitas pelayanan dan citra perusahaan untuk menjelaskan kepuasan nasabah secara simultan sebesar 40.3% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar kualitas pelayanan dan citra perusahaan.
Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, Kepuasan Nasabah,
Bank Central Asia
Bibliografi : lembar 101-103
SS00009897 | SK 9897 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain