Text
Hubungan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan keterampilan menulis paragraf deskripsi bahasa Inggris : studi korelasional di Madrasah Tsnawiyah (MTs) dan sederajat kelas VII Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat
HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI BAHASA INGGRIS
(Studi Korelasional di Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Sederajat Kelas VII Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat)
SAHARUDIN
ABSTRAK
Penelitian ini adalah sebuah penelitian korelasional yang bertujuan untuk menemukan hubungan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan keterampilan menulis paragraf diskripsi Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik korelasi dengan jumlah 105 orang siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Sederajat Kelas VII Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat dan dipilih secara acak. Instrumen berupa kuesioner dan tes divalidasi melalui uji kepakaran dan perhitungan Pearson Product Moment dan uji reliabilitas dilakukan dengan menggunakan Alpha Cronbach.
Verifikasi hipotesis dilakukan dengan analisis regresi dan menemukan model persamaan regresi, dan koefisien korelasi antara kecerdasan emosional, motivasi belajar dengan keterampilan menulis paragraf diskripsi Bahasa Inggris.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara kecerdasan emosional dengan keterampilan menulis paragraf diskripsi Bahasa Inggris adalah .341 (α .05). Hubungan antara motivasi belajar dengan keterampilan menulis paragraf diskripsi Bahasa Inggris adalah .153 (α, .05). Ditemukan koefisien korelasi kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan keterampilan menulis paragraf diskripsi Bahasa Inggris adalah .580 (α, .05).
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis paragraf diskripsi Bahasa Inggris dapat dipengaruhi oleh kecerdasan emosional dan motivasi belajar siswa.
Kata Kunci : Kecerdasan emosional, Motivasi belajar, Keterampilan menulis paragraf deskripsi Bahsa Inggris.
Bibliografi : lembar 129-132
TM00001803 | TM 1803 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain