Text
Pengaruh metode pembelajaran terhadap kemampuan penyelesaian soal cerita matematika ditinaju dari efikasi diri siswa kelas V SD Negeri di Kota Palembang : studi eksperimen siswa di kelas V SDN di Kota Palembang
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PENYELESAIAN SOAL CERITA MATEMATIKA DITINJAU DARI EFIKASI DIRI SISWA KELAS V SD NEGERI DI KOTA PALEMBANG
Royhana Novita Sari
PPS UNJ PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DASAR
royhna.novta@yahoo.co.id
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran terhadap kemampuan penyelesaian soal cerita matematika ditinjau dari efikasi diri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan desain treatment by level 2 x 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kemampuan penyelesaian soal cerita matematika dengan metode Problem Based Learning lebih tinggi dari kemampuan penyelesaian soal cerita matematika yang belajar dengan metode Kooperatif Tipe Group Investigasi, (2) Terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan efikasi diri terhadap kemampuan penyelesaian soal cerita matematika, (3) Pada kelompok siswa yang memiliki efikasi diri tinggi, kemampuan penyelesaian soal cerita matematika melalui metode Problem Based Learning lebih tinggi dari siswa yang belajar melalui metode Kooperatif Tipe Group, (4) Pada kelompok siswa yang memiliki efikasi diri rendah, kemampuan penyelesaian soal cerita matematika yang belajar melalui metode Problem Based Learning lebih rendah dari siswa yang belajar melalui metode Kooperatif Tipe Group Investigasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran dan efikasi diri berpengaruh terhadap kemampuan penyelesaian soal cerita matematika. Rekomendasi bagi guru adalah agar menerapkan metode Problem Based Learning sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan penyelesaian soal cerita matematika.
Kata kunci: metode pembelajaran, efikasi diri, kemampuan penyelesaian soal cerita matematika.
Bibliografi : lembar 135-139
TM00001807 | TM 1807 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain