Text
Peningkatan hasil belajar IPS melalui pemberdayaan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar di kelas IV SDN Karang Bahagia 01 Kecamatan Karang Bahagia Kabupaten Bekasi
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PEMBERDAYAAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SDN KARANGBAHAGIA 01 KECAMATAN KARANGBAHAGIA
KABUPATEN BEKASI
Oleh
E S I N
N0.Reg. 7526140607
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri Karang Bahagia 01 Kecamatan Karang Bahagia Kabupaten Bekasi dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Karangbahagia 01 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar, dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Cara meningkatkan hasil belajar tersebut dengan menyampaikan apersepsi intelektual dan emosional, menyampaikan tujuan pembelajaran, membagi siswa dalam kelompok kecil secara heterogen serta adanya peran yang jelas pada setiap anggota, menyediakan sumber belajar langsung di alam sekitar, membimbing dalam pengamatan dengan membuat petunjuk belajar yang jelas, memberi kesempatan bertanya tentang materi, dan memfasilitasi untuk aktif dalam pengamatan, membimbing menyimpulkan materi, memberi soal evaluasi, dan memotivasi siswa agar tumbuh minat untuk sadar dan bertanggung jawab terhadap lingkungan di masyarakat.
Penelitian ini menunjukan hasil sebagai berikut : (1) pemenfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar pada siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 72, meningkat pada siklus II menjadi 81,20. Ketuntasan belajar secara klasikal siswa meningkat, pada siklus I ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 60%, dan pada siklus II mencapai 96%. (2) Pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Aktivitas guru, menunjukan rata-rata persentase pada siklus I sebesar 75,78%, pada siklus II aktivitas guru mengalami peningkatan, yaitu menjadi 98,44%. Sedangkan aktivitas belajar pada siklus I dengan persentase sebesar 69,44%, meningkat pada siklus II menjadi 98,61%.
Kata kunci: hasil belajar IPS, lingkungan sekitar, sumber belajar.
Bibliografi : lembar -
TM00001836 | TM 1836 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain