Text
Pengaruh iklim organisasi dan Organizational Citizenship Behavior (OCB) terhadap produktivitas kepala sekolah pada Madrasah Aliyah Swasta di Wilayah Tangerang Raya
ABSTRAC
Kepala sekolah merupakan salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Interaksi organizational citizenship behavior (OCB) akan menentukan iklim sekolah yang bagaimana yang akan terwujud. Iklim sekolah yang baik dan kondusif bagi kegiatan pendidikan akan menghasilkan interaksi edukatif yang efektif sehingga pencapaian tujuan pendidikan sekolah akan berjalan baik. Karenanya kepala sekolah sebagai pimpinan organisasi seharusnya menciptakan suasana kerja yang nyaman sehingga iklim organisasi menjadi kekuatan utama dalam meningkatkan produktivitas pendidikan. Dalam buku Introduction to Management Schermerhorn mengatakan “productivity is the quantity and quality of work performance, with resource utilization considered”. Produktivitas adalah kuantitas dan kualitas kerja dengan pemanfaatan sumber daya yang ada. Sementara mengenai iklim organisasi Stephen P. Robbins dan Timothy A.Judge, dalam bukunya Organizational Behavior mengatakan ,”organizational climate refers to the shared perceptions organizational members have about their organization and work environment”. Iklim organisasi merujuk pada persepsi-persepsi bersama oleh anggota anggota organisasi tentang organisasi dan lingkungan kerja mereka. Tentang OCB Menurut McShane dan Von Glinow OCB adalah, “organizational citizenship behaviors (OCBs) is various forms of cooperation and helpfulness to others that support the organization’s social and psychological context”. Perilaku keanggotaan organisasi adalah berbagai bentuk kerjasama dan menolong orang lain yang mendukung konteks organisasi sosial dan psikologis.
Bibliografi : lembar 107-108
TM00004878 | TM 4878 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2013.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain