Text
Pengembangan bahan ajar bahasa inggris berbasis metode reaksi fisik total (total physical response) untuk siswa kelas IV SD : penelitian dan pengembangan di SDN Cilandak Barat 07 Pagi Cilandak Jakarta Selatan
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS BERBASIS METODE REAKSI FISIK TOTAL (TOTAL PHYSICAL RESPONSE) UNTUK SISWA KELAS IV SD
(Penelitian dan Pengembangan di SDN Cilandak Barat 07 Pagi Cilandak Jakarta Selatan)
(2016) AMIRAH QISTI UTAMI
ABSTRAK
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar bahasa Inggris untuk siswa kelas IV sekolah dasar berjudul ‘Places In Town For Grade IV Of Elementary School Students’. Bahan ajar yang dihasilkan difokuskan pada tema ‘asking for and giving direction’. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development dengan mengacu pada model pengembangan desain instruksional Atwi Suparman. Penelitian ini melibatkan siswa kelas IV SDN Cilandak Barat 07 Pagi Cilandak Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan lembar penilaian dan wawancara yang ditunjukkan kepada responden dengan tahapan uji coba ahli, evaluasi satu-satu, evaluasi kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Hasil penelitian pada uji coba ahli memperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 91%. Hasil penelitian pada evaluasi satu-satu memperoleh rata-rata sebesar 100%, begitu pula dengan hasil penelitian yang diperoleh pada evaluasi kelompok kecil juga sebesar 100%. Sementara hasil yang diperoleh dari uji coba lapangan adalah 99%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan Bahan Ajar Bahasa Inggris Berbasis Metode Reaksi Fisik Total (Total Physical Response) menunjukkan hasil dengan kriteria sangat baik.
Kata Kunci: Bahan Ajar, Metode Total Physical Response, Bahasa Inggris
Bibliografi : lembar 101-104
SS00010088 | SK 10088 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain