Text
Partisipasi orangtua dalam program pembelajaran anak di Bina Keluarga Balita-PAUD ceria RW 01 Pegangsaan Dua Jakarta Utara
PARTISIPASI ORANGTUA DALAM PROGRAM PEMBELAJARAN ANAK
DI BINA KELUARGA BALITA - PAUD CERIA RW 01 PEGANGSAAN DUA
JAKARTA UTARA
(2016)
Dien Silvia Bustami
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) bentuk partisipasi orangtua
dalam program pembelajaran anak di BKB-PAUD, 2) upaya guru dalam
menarik partisipasi orangtua, 3) faktor pendukung dan penghambat
partisipasi orangtua dalam program pembelajaran anak di BKB-PAUD Ceria
RW 01 Pegangsaan dua Jakarta Utara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif, dan
mengambil lokasi penelitian di BKB-PAUD Ceria RW 01 Pegangsaan dua
Jakarta Utara. Subjek penelitian ini adalah orangtua didik. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi
data, penyajian data dan verifikasi data. Trianggulasi yang dilakukan untuk
menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber pendukung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) partisipasi orangtua, meliputi:
memasukan anak mereka ke BKB-PAUD sebagai tempat pendidikan
anaknya, aktif dalam proses pengambilan keputusan, mengikuti kegiatan
orangtua, membantu secara materi. 2) Upaya guru dalam menarik partisipasi
orangtua dengan menjaga pola komunikasi antara guru dengan
orangtua.3)faktor pendukung dari partisipasi orangtua yaitu keadaan ekonomi
rata-rata cukup baik, para Ibu tidak bekerja,hasil perkembangan anak-anak
serta gaya kepemimpinan kepala sekolah.
Kata Kunci : Partisipasi Orangtua, Pembelajaran, BKB-PAUD
Bibliografi : lembar 83-84
SS00010083 | SK 10083 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain