Text
Meningkatkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing siswa kelas V SDN Kelapa Gading Barat 01 Jakarta Utara
Meningkatkan Hasil Belajar IPS
Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing
Siswa Kelas V SDN Kelapa Gading Barat 01 Jakarta Utara (2016) Sri Nurhayani
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empirik tentang peningkatan hasil belajar IPS tentang perjuangan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia melalui model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing siswa kelas V SDN Kelapa Gading Barat 01 Jakarta Utara dengan jumlah siswa 38 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model siklus Kemmis dan Mc. Taggart terdiri atas tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pemantauan atau observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam siklus I dan siklus II. Hasil penelitian teknik pengumpulan data menunjukan bahwa pada siklus I siswa yang mendapat nilai di atas KKM 67 sebanyak 26 siswa dari 38 siswa, dengan persentase 68,42%. Adapun pada siklus II lebih meningkat lagi siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM 67 sebanyak 34 siswa dari 38 siswa dengan persentase 89,47%. Kesimpulan yang didapat adalah bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat dijadikan salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Kelapa Gading Barat 01 Jakarta Utara.
Kata Kunci: Hasil belajar IPS kelas V SD, pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing
Bibliografi : lembar 133-136
SS00010001 | SK 10001 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain