Text
Pengembangan media E-Learning berbasis weblog pada pokok bahasan artikel penyusun benda mati dan makhluk hidup di MTs Negeri 15 Jakarta
PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS WEBLOG PADA POKOK BAHASAN PARTIKEL PENYUSUN BENDA MATI DAN MAKHLUK HIDUP DI MTsN 15 JAKARTA
EMA RACHMAWATI
ABSTRAK
Berdasarkan analisis kebutuhan diperoleh data bahwa bahan ajar yang sesuai dengan amanah Kurikulum 2013 masih terbatas dan belum bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media e-learning berbasis weblog pada pokok bahasan partikel penyusun benda mati dan makhluk hidup serta mengetahui kelayakannya sebagai sumber belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development berdasarkan Model Borg and Gall. Penelitian pengembangan ini mengikuti 4 tahap utama, yaitu analisis kebutuhan, pengembangan produk (perencanaan, penyusunan, dan uji validasi oleh ahli media, materi, dan bahasa), uji coba (uji kelayakan) oleh siswa dan guru dalam kelompok kecil dan besar serta evaluasi dan revisi. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara dan kuesioner. Penelitian ini dilakukan sejak bulan Maret sampai bulan Juni 2016 di MTsN 15 Jakarta Utara dan juga mengambil sampel dari beberapa sekolah menengah pertama yang setara yaitu MTsN 5, MTsN 38, MTsN 24, MTsN 31, MTs Al Wathoniyah 14, MTs Imadun Najah, dan SMP Al Wathoniyah 43. Hasil penelitian ini adalah media e-learning berbasis weblog layak digunakan sebagai bahan ajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa produk bahan ajar berupa media e-learning berbasis weblog pada pokok bahasan partikel penyusun benda mati dan makhluk hidup layak dijadikan sebagai bahan ajar kelas IX semester 1 dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran di MTs Negeri 15 Jakarta.
Kata kunci: Media E-Learning, Berbasis Weblog, Research and Development, Kelayakan.
Bibliografi : lembar 132-134
TM00001848 | TM 1848 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain