Text
Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe (team assisted individually & think pairs share) dan gaya kognitif terhadap hasil belajar kimia siswa kelas X IPA pada materi lanjutan elektrolit redoks
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN
(TEAM ASSISTED INDIVIDUALLY & THINK PAIRE SHARE) DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X IPA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT REDOKS
(2016)
ITA ROSLITA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model Team Assisted Individually (TAI) dan Think Paire Share (TPS). (2) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan gaya kognitif Field Independent (FI) dan gaya kognitif Field dependent (FD) (3) Pengaruh interaksi model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap hasil belajar. (4) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model Team Assisted Individually dan Think Paire Share pada siswa yang menggunaan gaya kognitif Field Independent (5) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model Team Assisted Individually dan Think Paire Share pada sswa yang menggunakan gaya kognitif Field dependent.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitian faktorial 2 x 2. Populasi penelitian adalah siswa kelas X IPA SMAN 4 Pandeglang tahun ajaran 2015/2016 pada materi larutan elektrolit-Redoks. Sampel pada penelitian ini berjumlah 64 orang yang dipilih secara acak.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar siswa dikelas TAI lebih tinggi dibandingkan dengan kelas TPS. (2) Hasil belajar siswa FI lebih tinggi dibandingkan dengan siswa FD. (3) Ada keterkaitan atau interaksi antara model pembelajaran dengan gaya kognitif terhadap hasil belajar. (4) Hasil belajar siswa FI dikelas TAI lebih tinggi dibandingkan dikelas TPS. (5) Hasil belajar siswa FD dikelas TAI lebih kecil dibandingkan dengan dikelas TPS.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, TAI, TPS, Gaya Kognitif, FI (Field Independent), FD (Field Dependent), Hasil Belajar Kimia, Larutan Elektrolit Redoks
Bibliografi : lembar ada
TM00001847 | TM 1847 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain