Text
Pengembangan instrumen penilaian keterampilan proses sains pada pembelajaran fisika SMA
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA
NAZWATUL ILMI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian keterampilan proses sains pada pembelajaran fisika untuk siswa Sekolah Menengah Atas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model Borg and Gall. Instrumen yang dikembangkan dibatasi pada materi rangkaian arus searah berjumlah dua puluh empat butir soal pilihan ganda. Indikator keterampilan proses sains yang dikembangkan yaitu mengamati, mengkomunikasikan, menginferensi, memprediksi, mengidentifikasi variabel, dan merumuskan hipotesis. Uji validasi ahli dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dengan skala Likert. Validitas instrumen dihitung menggunakan persamaan point biserial sedangkan reliabilitas dihitung menggunakan persamaan KR-20. Hasil uji validasi dua orang dosen ahli 89,76% (sangat baik), uji coba lima orang guru Fisika 91,20% (sangat baik), hasil uji empirik terhadap 293 orang siswa menghasilkan 24 butir instrumen kps yang valid dengan reliabilitas sebesar 0,73 (tinggi). Berdasarkan hasil tersebut maka instrumen penilaian keterampilan proses sains yang dikembangkan layak digunakan untuk mengukur keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran rangkaian arus searah.
Kata-kata kunci: Instrumen, penilaian, keterampilan proses sains
Bibliografi : lembar 107-111
TM00001843 | TM 1843 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain