Text
Pengaruh kegiatan extra feeding dan pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak : eksperimen pada siswa kelas 1 dan SDN Kelurahan Pejaten Barat Jakarta Selatan, 2013
ABSTRAC
NENENG TASU’AH, 7516110256, Pengaruh Kegiatan Extra Feeding dan Pola Asuh Orangtua terhadap Kemandirian Anak, Studi Eksperimen pada Siswa kelas I di SDN Kelurahan Pejaten Barat Jakarta Selatan, 2013. Tesis, Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta. 2013.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Kegiatan Extra Feeding dan Pola Asuh Orangtua terhadap Kemandirian Anak, Studi Eksperimen pada Siswa kelas I di SDN Kelurahan Pejaten Barat Jakarta Selatan, 2013.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan Kemandirian Anak sebagai masalah utama yang merupakan variabel terikat. Sedangkan variabel bebas pertama adalah Kegiatan Extra Feeding (dalam penelitian ini adalah kegiatan Fun Cooking dan kegiatan Bermain Peran) dan variabel bebas kedua adalah pola asuh orangtua (dalam penelitian ini adalah pola asuh orangtua otoriter, demokratis dan permisif). Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yang akan digunakan yaitu multistage cluster sampling. Sampel dalam penelitian ini ada di dua Sekolah Dasar yaitu SDN Pejaten Barat 12 dan SDN Pejaten Barat 10 yang masing-masing mempunyai jumlah siswa kelas I sebanyak kurang lebih 30 siswa sehingga jumlah seluruhnya ada 60 siswa, akan tetapi pada saat penelitian peneliti hanya memilih siswa berdasarkan hasil angket pola asuh orangtua dengan kategori otoriter, demokratis dan permisif masing-masing 10 siswa sehingga sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa sebagai kelas kontrol di SDN Pejaten Barat 10 dan 30 siswa sebagai kelas eksperimen di SDN Pejaten Barat 12. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan desain faktorial 2 x 3. Oleh karena itu, analisis data menggunakan ANAVA dua jalur, jika teruji adanya perbedaan, dilanjutkan dengan uji Tukey atau uji Scheffé untuk menentukan mana yang lebih tinggi. Berdasarkan dari hasil perhitungan pada pengujian hipotesis penelitian dapat disimpulkan bahwa: Pertama, terdapat perbedaan yang signifikan dalam aspek kemandirian siswa Kelas I SDN Kelurahan Pejaten Barat Jakarta Selatan, yaitu anak yang diberikan perlakuan dengan menggunakan Kegiatan Extra Feeding dengan Fun Cooking lebih tinggi daripada anak yang diberi perlakuan dengan menggunakan Kegiatan Extra Feeding dengan Bermain Peran.Kedua, terdapat perbedaan yang signifikan pada kemandirian anak antara yang mendapatkan pola asuh orangtua otoriter dengan yang mendapatkan pola asuh demokratis. Kemandirian anak yang mendapatkan pola asuh orangtua otoriter lebih rendah daripada kemandirian anak yang mendapatkan pola asuh demokratis siswa Kelas I SDN Kelurahan Pejaten
Bibliografi : lembar 160-161
TM00004791 | TM 4791 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain