Text
Konsep pendidikan ekologis Syeh Muhammad Arsyad Al-Banjari
ABSTRAK
Dian Bagus Budi Satrio, Konsep Pendidikan Ekologis Syeh Muhammad Arsyad Al-Banjari. Prodi Ilmu Agama Islam. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta. 2016
Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan ekologis Syeh Muhammad Arsyad Al-anjari, melihat kondisi dunia yang membutuhkah sebuah konsep pendidikan ekologi (pendidikan lingkungan). Untuk menanggulangi, memperbaiki, dan mencegah kembali kerusakan-kerusakan lingkungan yang dilakukan oleh manusia
Metodologi yang digunakan Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, sedangkan pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan tematis, otobiografi, masalah khusus, cerita tentang tokoh.
Peneltian telah menemukan tentang konsep pendidikan ekologi Syeh Muhammad Arsyad Al-Banjari, konsep pendidikan yang mengintegrasikan berapa unsur antara santri, masyarakat, dan alam. menggunakan sungai sebagai penghubung dan pesantren sebagai pendukung semua aktivitas, baik dari segi perekonomian maupun keagamaan. Guna menyebarkan menyebarkan ilmu yang ia miliki menggunakan media alam yang sangat melekat dengan kehidupan manusia. Dengan menjadikan alam sebagai lahan produktif yang dapat menunjang kehidupan manusia.
Penelitian ini diharapkan menjadi warna baru dalam dunia pendidikan dengan di deskripsikan pendidikan berbasis ekologi yang telah di praktikan oleh Syeh Muhammad Arsyad Al-Banjari.
Kata kunci : pendidikan, ekologi
SS00010017 | SK 10017 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain