Text
Evaluasi program akselerasi mutu sekolah berwawasan internasional (pams-bwi) di LPMP Jawa Barat : penerapan model evaluasi countenance stake
EVALUASI PROGRAM AKSELERASI MUTU SEKOLAH
BERWAWASAN INTERNASIONAL (PAMS-BWI)
DI LPMP JAWA BARAT
(Penerapan Model Evaluasi Countenance Stake)
EDDY FADILLAH SAFARDAN
ABSTRAK
Program Akselerasi Mutu Sekolah Berwawasan Internasional (PAMSBWI)
di LPMP Jawa Barat bertujuan untuk melaksanakan fasilitasi proses
penjaminan mutu pendidikan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masingmasing
satuan pendidikan dengan tetap mengacu pada delapan standar
nasional pendidikan. Evaluasi model Countenance Stake memfokuskan pada
bagaimana tingkat pencapaian dalam pelaksanaan program dengan
membandingkan antara hasil observasi dengan kriteria acuan dan
menghasilkan keputusan rekomendasi. Subyek dari penelitian evaluasi ini
adalah tim pengelola PAMS-BWI dan guru–guru model sekolah sasaran di
Cianjur dan Banjar. Penelitian ini menggunakan metode evaluatif dengan
menggunakan teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara,
dokumentasi dan kuesioner. Hasil evaluasi Stake menunjukkan bahwa
pelaksanaan PAMS-BWI di LPMP Jabar cukup efektif dan signifikan dalam
meningkatkan mutu sekolah sasaran. Keberhasilan PAMS-BWI dapat terlihat
dari ketercapaian target yang melebihi 30% indikator kinerja kunci setara
internasional dan tercapainya nilai tes INAP (berbasis TIMMS/PISA) terhadap
siswa yang melebihi standar skor 500. Hasil penelitian evaluasi dengan
Model Countenance Stake dapat menunjukkan 10 aspek dan 13 sub aspek
yang dievaluasi telah memenuhi standar objektif yang telah ditentukan.
Informasi yang lebih detail dan komprehensif mengenai kekurangan dan
kelebihan program dapat diketahui pada setiap bahasan pada tahapan
antecedent, transactions dan outcomes, sehingga lebih mudah menentukan
tindakan perbaikan dan rekomendasi pada program selanjutnya.
Kata Kunci : Akselerasi mutu sekolah, Countenance Stake
Bibliografi : lembar 209-211
TM00001867 | TM 1867 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain